Definisi
Multimedia
•
Multimedia
–
Multi [latin nound] : banyak; banyak;
bermacam bermacam‐macam
–
Medium [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
Medium [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan
dan mempresentasikan informasi
•
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik,
animasi, dan video.
Beberapa definisi
menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari
komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga
elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
3.
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat
berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban
dan kawan‐kawan,
2002)
4. Alat
yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia
dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer
untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan
tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org:
Multimedia is the use of several d ff i erent media to convey information
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also
refers to computer data storage devices, especially those used to store
multimedia content.
Definisi
Komputer Multimedia
•
Menurut wikipedia.org:
Komputer
Komputer Multimedia Multimedia adalah sebuah komputer komputer yang
dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD‐ROM. Standarisasi
komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council",
sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software
Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry
Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs,
Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Pemanfaatan
Multimedia
Menurut
riset Computer Technology Research (CTR):
1.
Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2.
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3.
Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4.
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
•
Multimedia dalam bisnis
1.
Company Profile
2.
Presentasi Bisnis
3.
Simulasi atau demonstrasi produk
•
Multimedia dalam pendidikan
1.
Media pembelajaran
2.
Simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll
•
Multimedia dalam entertainment
1. Media
hiburan :
‐
Game
‐
Film
‐
Animasi
‐
Mp3 Player
‐
Gambar Pemanfaatan Multimedia
•
Multimedia dalam bidang kesehatan
1.
Simulasi Simulasi anggota anggota tubuh seperti seperti otak, usus, paru‐ paru
2.
Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
3.
Media penyuluhan kesehatan
•
Multimedia dalam bidang keagamaan
1.
Ceramah agama di televisi dan radio
2.
Quran digital dengan gambar dan suara
3.
Doa dengan gambar dan suara
4.
Simulasi sholat dan wudhu
Multimedia
mampu:
1.
Mengubah Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking teleworking, para
pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software
yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2.
Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan
menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
3.
Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan
menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online‐banking.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar