Rabu, 04 April 2018

Teknologi Informasi & Multimedia


Definisi Multimedia
• Multimedia
  Multi [latin nound] : banyak; banyak; bermacam bermacammacam
– Medium [latin] : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu Medium [American Heritage Electronic Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi
• Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawankawan, 2002)
4.  Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
5.  Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sedangkan menurut wikipedia.org: Multimedia is the use of several d ff i erent media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to computer data storage devices, especially those used to store multimedia content.
Definisi Komputer Multimedia
  Menurut wikipedia.org:
Komputer Komputer Multimedia Multimedia adalah sebuah komputer komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CDROM. Standarisasi komputer mutlimedia dilakukan oleh "Multimedia PC Marketing Council", sebuah kelompok kerja dari sebuah perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Pemanfaatan Multimedia
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar, dilihat, dan dilakukan.
  Multimedia dalam bisnis
1. Company Profile
2. Presentasi Bisnis
3. Simulasi atau demonstrasi produk
• Multimedia dalam pendidikan
1. Media pembelajaran
2. Simulasi keilmuan seperti menunjukkan benda kecil, planet, angin, hujan dll  
  Multimedia dalam entertainment
1.      Media hiburan :
Game
Film
Animasi
Mp3 Player
Gambar Pemanfaatan Multimedia
  Multimedia dalam bidang kesehatan
1. Simulasi Simulasi anggota anggota tubuh seperti seperti otak, usus, paru paru
2. Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
3. Media penyuluhan kesehatan
  Multimedia dalam bidang keagamaan
1. Ceramah agama di televisi dan radio
2. Quran digital dengan gambar dan suara
3. Doa dengan gambar dan suara
4. Simulasi sholat dan wudhu
Multimedia mampu:
1. Mengubah Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara onlinebanking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar